Benarkah Lakban Anti Bocor Efektif untuk Digunakan? Ini Buktinya!

Benarkah Lakban Anti Bocor Efektif untuk Digunakan Ini Buktinya

Kadang kala, sedia lakban anti bocor mungkin menjadi hal yang diperlukan dalam keadaan tertentu. Terlebih, setiap dari kita tentu pernah mengalami masalah kebocoran di rumah dan hal tersebut sangat mengganggu kegiatan harian.

Ternyata, lakban dapat bisa menjadi semua jawaban dari masalah tersebut loh! Anda pasti sudah tidak asing dengan benda kecil tersebut bukan?

Benda serbaguna ini merupakan inovasi dalam dunia rumah tangga dan berguna untuk mengerjakan berbagai kegiatan sehingga tempat tinggal menjadi lebih nyaman.

Oleh sebab itulah, artikel ini secara spesifik akan membahas mengenai lakban anti bocor. Memang, jenis lakban ini efektif untuk mencegah terjadinya kebocoran suatu benda atau material di dalam rumah? Mari kita bahas!

Kegunaan Lakban Anti Bocor

Lakban anti bocor merupakan jenis selotip dengan kemampuan untuk memperbaiki atau menutupi berbagai macam masalah dengan karakteristik yang kuat dan kedap air.

Uniknya, laban anti air ini didesain khusus dengan sebuah lapisan yang tidak hanya tebal namun juga fleksibel karena berasal dari alas karet. Hal inilah yang membuatnya mampu untuk mengikuti berbagai jenis bentuk dengan baik.

Selain itu, kemampuannya dalam menahan air juga membuat lakban ini menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi sementara berbagai masalah kebocoran baik di dalam maupun luar rumah.

Ditambah, barang inovatif satu ini juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan anti-mainstream yang lainnya seperti menghilangkan kemampuan rekat serangga, penempelan label pada benda-benda yang akan sering dicuci menggunakan air.

Pengecualian Penggunaan Lakban Anti Air pada Beberapa Permukaan

Pengecualian Penggunaan Lakban Anti Air pada Beberapa Permukaan

Sumber: www.inoriindonesia.com

Sayangnya, lakban anti air ini memiliki kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan yaitu tidak dapat melengket dengan  baik dan tepat pada beberapa kondisi permukaan tertentu seperti berikut:

1. Bagian yang Kotor

Pastikan benda yang akan Anda tempel bersih, karena permukaan yang tidak bersih seperti kotor berdebu ataupun berminyak dapat mengurangi efektivitas daya rekat lakban.

2. Benda dengan Temperatur Tinggi

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, pada temperatur yang panas lakban tidak dapat merekat dengan sempurna dan suhu diatas 90 derajat terlalu ekstrim sebagai media tempel lakban.

Oleh sebab itu, permukaan mesin kendaraan juga menjadi bagian yang tidak bisa direkatkan. Sebab mesin biasanya terbuat dari konduktor panas handal yaitu logam sehingga saat dinyalakan akan membuat selotip yang ditempelkan dapat rusak.

3. Ban

Roda pada kendaraan akan berputar dan menopang beban yang berat, sehingga ban menerima tekanan yang besar dan lakban perekat tidak dapat bertahan.

4. Peruntukan Permanen

Tentunya,hadirnya inovasi ini bukanlah solusi permanen untuk semua permasalahan kebocoran yang Anda rasakan. Walaupun memang memiliki sifat anti air, tapi adanya aliran air terus-terusan juga membuat daya rekatnya akan mengalami penurunan secara berkala.

Keunggulan Lakban Anti Air untuk Semua Masalah Kebocoran Anda

Secara fisik, lakban anti bocor memanglah memiliki lapisan tebal dan fleksibel. Apalagi, daya rekat yang dimiliki oleh lakban ini juga cukup besar sehingga membuatnya dapat menempel dengan baik pada permukaan yang mengalami masalah.

Selain itu, lakban lakban ini juga dapat menahan kelembaban baik dari arah luar maupun dalam secara rapat. Jadi, kebocoran dan air dapat ditunda sementara sebelum adanya tindakan perbaikan lanjutan.

Memang, lakban jenis ini juga kuat dan kebal akan  temperatur tinggi namun pastikan untuk tidak lebih dari suhu maksimal yang dapat ditanggungnya yaitu 90 derajat celcius.

Jenis Lakban Anti Bocor Berdasarkan Ukurannya

Jenis Lakban Anti Bocor Menurut Ukurannya

Sumber: www.inoriindonesia.com

Saat ini, Lakban serbaguna di pasaran sudah dapat dipilih dengan tiga jenis pilihan mulai dari yang paling besar hingga kecil dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memilih ukuran yang tepat agar celah yang mengalami kebocoran dapat tertutup secara sempurna.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa jenis lakban anti air yang dapat Anda pilih, yaitu mulai dari:

  • Big Size (10 x 12 inci)
  • Medium Size (5 x 8 inci)
  • Small Size (5 x 4 inci)

Ukuran ini didasarkan pada rumus matematika yaitu Panjang x Lebar (PxL) sehingga untuk ukuran paling besar tentunya memiliki Panjang 10 dan lebar 12 inci.

Langkah-Langkah Menggunakan Lakban Anti Bocor Secara Tepat

Setelah mengetahui beberapa hal terkait lakban anti bocor, selanjutnya mari pelajari cara pemakaian lakban yang tepat sehingga fungsionalitas lakban digunakan sepenuhnya. Langkah-langkah pemasangan selotip anti bocor ini harus dilakukan secara berurutan:

1. Bersihkan Permukaan Terlebih Dahulu

Penting untuk memastikan bahwa permukaan yang hendak ditempel sudah terbebas dari debu dan kotoran. Jadi pastikan sebelum menempel selotip ini, bersihkan terlebih dahulu permukaan benda dengan menggunakan kain ataupun sikat.

2.  Potonglah Lakban Sesuai Kebutuhan dan Kelupaskan dengan Baik

Selanjutnya, Tarik lakban sesuai dengan kebutuhan lalu potong menggunakan benda tajam yang Anda miliki bisa dengan gunting, pisau maupun cutter.

Setelah panjang yang diinginkan dipotong, lapisan penutup akan terlihat di bagian belakang. Tujuan penutup adalah untuk melindungi lem pada lakban.

Perlu Anda ingat lakban anti bocor memiliki daya rekat yang sangat tinggi, sehingga pastikan bagian penutup yang sudah dibuka tidak menempel pada bagian tubuh atau permukaan yang tidak Anda inginkan.

3. Tempelkan Lakban dengan baik dan Tekan hingga Merata

Tekan lakban secara merata pada permukaan yang telah dibersihkan sebelumnya, dan pastikan lakban menempel secara keseluruhan untuk mencegah munculnya gelembung udara.

Tekan lakban pada permukaan secara merata dan terus-menerus sampai kira-kira lakban sudah menempel dengan sempurna.

Kita sudah membahas lakban anti bocor mulai dari fungsi, variasi ukuran, keunggulan, hingga cara pemakaiannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan lakban anti bocor atau hanya ingin membelinya untuk jaga-jaga di rumah.

Baca juga: