Loading...

Ingin Jantung Bayi Sehat? Bumil Wajib Olahraga

Ingin Jantung Bayi Sehat? Bumil Wajib Olahraga

MakEMAK.comIngin Jantung Bayi Sehat? Bumil Wajib Olahraga. Ibu hamil cenderung lebih rentan terhadap kelelahan sebaiknya diimbangi dengan olahraga, seperti yang dilaporkan dalam jurnal Psychology and Health olahraga saat hamil tidak hanya meningkatkan kebugaran namun juga mampu memperbaiki mood. Bahkan bagi ibu hamil yg belum pernah melakukan olahraga selama hamil disarankan untuk latihan rutin selama 4 minggu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychology and Health mengungkapkan, beberapa ibu hamil yang belum pernah melakukan olahraga disarankan untuk melakukan program latihan selama empat minggu. Hasil dari pelatihan tersebut suasana hati mereka membaik secara signifikan selama program latihan.Penelitian yang dilakukan oleh Anca Gaston dan Harry Prapavessis ini juga menghasilkan pengurangan tingkat kelelahan terhadap ibu-ibu hamil tersebut.

Anak yg dilahirkan dari ibu yang mengalami depresi selama kehamilan cenderung menghasilkan hormone stress yg disebut kortisol lebih lebih tinggi hal ini diduga memperbesar risiko gangguan perkembangan dan mental yang lebih besar. Selain depresi ibu hamil sering dilanda kelelahan yg berlebihan yg juga disuga memicu risiko persalinan secara caesar, gangguan tidur, dan pengaruh negatif lain pada kesehatan fisik dan mental.

Latihan rutin selama kehamilan diharapkan dapat memperbaiki kesehatan fisik dan psikologis ibu hamil. Riset yang sudah dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan, bayi yang lahir dari ibu yang rajin berlatih aerobik selama kehamilan ternyata memiliki jantung yang lebih sehat.

Banyak peneliti meyakini bahwa olahraga selama kehamilan memberi manfaat pada anak hingga dewasa, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan hipertensi. Hal ini dikarenakan Jantung ternyata sebenarnya merupakan otot, yang menjadi lebih kuat jika dikondisikan sering berlatih. Otot jantung yang lebih kuat akan menurunkan frekuensi detak jantung yg menyebabkan jantung tidak bekerja terlalu kerad dalam memompa darah.

Baca juga: