Loading...

Bagaimana Tips Cara membersihkan Noda dan Serat Parutan Rempah

Bagaimana Tips Cara membersihkan Noda dan Serat Parutan Rempah

MakEmak.comBagaimana Tips Cara membersihkan Noda dan Serat Parutan Rempah. Banyak resep masakan menuntut kita untuk menyiapkan bumbu rempah yang diparut, terutama masakan Indonesia yang terkenal kaya akan citarasa.

Rempah-rempah seperti jahe parut, lengkuas parut dan lain-lainnya tidak sulit untuk membuatnya, cukup dengan memarut rempah ini dengan menggunakan parutan bumbu, parutan keju, atau mesin penggiling (grinder). Biasanya masalah muncul setelahnya karena, rempah-rempah ini akan meninggalkan sisa serat dan juga aroma tajam di bagian dalam parutannya.

Dilansir dari Laman Kompas, Jumat (10/10/2014), membersihkan parutan dengan mencuci menggosoknya dengan sabun tidak menyelesaikan kedua masalah ini.

Sebenarnya trik membersihkannya sangat mudah, cukup dibersihkan dengan menggunakan nasi yang sudah dikeringkan. Setelah selesai memarut jahe atau lengkuas, gunakan parut yang sama untuk memarut satu sendok nasi yang sudah dikeringkan sampai berpasir.

Hal ini terbukti ampuh karena partikel-partikel abrasif dari nasi kering akan membantu mengikat sisa parutan yang terjebak di lubang pemarut sehingga lebih mudah dibersihkan. Setelah digunakan untuk memarut nasi kering, cuci parutan seperti biasa.

Baca juga: