Loading...

Aneka Resep Minuman Segar Pelepas Dahaga: Es Sup Buah, Es Coktail Buah dan Es Puding Buah

Resep Minuman Segar Es Sup Buah

Pernahkah sobat membayangkan di saat cuaca panas nan terik, sobat merasakan kehausan dan ingin segera melepaskan dahaga dengan minuman yang segar? Hmm.., membayangkan saja sudah sangat menggiurkan. Apalagi jika aneka minuman segar itu sudah ada di depan sobat.

Dan rasanya cocok sekali jika hari ini tim redaksi Makemak.com menghadirkan berbagai resep minuman segar untuk sobat dimana pun berada. Agar sobat dapat membuat sendiri minuman-minuman ini tanpa harus repot-repot mencari penjual minuman segar di daerah sobat.

Aneka Resep Minuman Segar Pelepas Dahaga

Nah sobat, aneka resep minuman segar yang kami maksud adalah es sup buah, es coktail buah dan es puding buah. Langsung saja kita mulai ya sobat dari resep yang pertama hingga selesai.

1. Resep Es Sup Buah

Resep Minuman Segar Es Sup Buah

Kita awali dengan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep Es Sup Buah beserta langkah-langkah untuk membuatnya. Pada dasarnya banyak sekali jenis buah yang bisa digunakan. Tetapi kali ini akan kita coba dengan kombinasi buah semangka, nanas, pepaya, melon, dll. Jangan lupa sobat siapkan juga susu dan sirup agar semakin nikmat rasanya. Selengkapnya bisa sobat simak di bawah ini.

Bahan-bahan Es Sup Buah:

Semangka merah 100 gram (dipotong dadu)
Nanas 100 gram (dipotong segitiga kecil)
Melon 100 gram (buat bulatan sebesar kelereng)
Pepaya 100 gram (dipotong dadu)
Anggur 100 gram (belah jadi dua)
Stroberry 100 gram (belah jadi dua)
Es serut 500 gram
Air 1 liter
Sirup vanili 5 sendok makan
Susu kental manis putih 100 mili liter

Cara Membuat Es Sup Buah:

  1. Pertama-tama sobat siapkan mangkuk, letakkan aneka buah seperti melon, nanas, stoberry, pepaya, semangka dan anggur dalam mangkuk tersebut.
  2. Kemudian sobat mulai campurkan air dan susu kental manis di tempat terpisah, bisa menggunakan mangkuk juga. Lalu diaduk hingga merata.
  3. Setelah campuran air susu merata, sobat segera tuangkan ke dalam mangkuk yang sudah berisi buah (Lihat langkah no. 1), tambahkan es serut dan sirup vanili secukupnya (sesuai selera sobat)
  4. Akhirnya.., es sup buah segar yang nikmat dan spesial pun siap disajikan.

Bagaimana sobat, mudah sekali kan cara membuat es sup buah yang menyegarkan tersebut. Baiklah, kita lanjutkan pada resep minuman segar yang kedua, yakni es coktail buah yang istimewa.

2. Resep Es Coktail Buah

Resep Minuman Segar Es Coktail Buah

Resep minuman segar yang kedua adalah es coktail buah. Apakah sobat tahu dengan minuman segar jenis ini? Es coktail buah banyak dijumpai di negara kita, khususnya di cafe-cafe aneka minuman kekinian. Secara umum bahan yang digunakan hampir sama dengan es buah pada umumnya. Perbedaannya terletak pada cara membuatnya dan jenis sirup yang digunakan, serta tambahan soda yang menjadikan minuman ini lebih istimewa. Baiklah sobat, mari kita bahas lebih dalam apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan Es Coktail Buah:

Pepaya 200 gram
Melon 200 gram
Semangka 200 gram
Air kapur sirih 1 sendok makan dicampur dengan 2 gelas air
Minuman bersoda manis tanpa warna 550 mili liter
Es batu secukupnya

Bahan-bahan Sirup Es Coktail Buah:

Air masak 1,5 liter
Gula pasir 200 gram
Kayu manis 4 centi meter
Cengkeh 2 buah
Garam halus 1/2 sendok teh
Air jeruk nipis 5 sendok makan

Cara Membuat Es Coktail Buah:

  1. Pertama-tama sobat campur rata bahan sirup lalu rebus hingga mendidih. Kemudian sobat angkat dan saring, lalu dinginkan.
  2. Langkah selanjutnya sobat potong-potong buah dengan bentuk dadu atau dicetak bulat (sesuai selera sobat) lalu rendam dalam larutan air kapur sirih. Angkat, cuci bersih, lalu dinginkan.
  3. Kemudian sobat tuangi buah-buahan tersebut dengan sirup gula, jangan lupa sobat aduk hingga merata.
  4. Nah sobat, sebelum es cocktail buah sajikan tambahkan dengan minuman bersoda dan es batu secukupnya (sesuai selera).
  5. Es cocktail buah siap sobat santap bersama teman ataupun keluarga.

3. Resep Es Puding Buah

Resep Minuman Segar Es Puding Buah

Resep minuman segar yang terakhir adalah es puding buah segar. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini antara lain adalah buah mangga, belimbing, chery, apel dan stroberry. Rasa manis dan semakin segar dengan mencampurkan sirup dan susu. Penasaran cara membuatnya? Simak di bawah ini!

Bahan-bahan Es Puding Buah:

Puding 50 gram
Apel 1/2 buah
Mangga 1/2 buah
Belimbing 1/2 buah
Rumput Laut Secukupnya
Sirup merah
Susu Cair putih
Cherry 2 buah
Stoberry 5 buah

Cara Membuat Es Puding Buah:

  1. Langkah awal untuk membuat es puding buah adalah sobat potong-potong semua buah yang digunakan, puding dan rumput laut dengan bentuk dadu atau sesuai selera sobat. Kemudian masukkan semua bahan tersebut ke dalam gelas atau mangkuk saji .
  2. Lalu sobat tuangkan sirup dan susu secukupnya (sesuai selera sobat).
  3. Sebelum es puding buah disajikan, tambahkan dengan es batu secukupnya dan buah cherry sebagai hiasan yang menambah kesan manis dan imut.
  4. Nah sobat, es puding buah yang nikmat dan segar siap sobat santap atau sobat sajikan.

Baca juga: