Cara Menghilangkan Kram Perut Tanpa Obat

Tips Cara Menghilangkan Kram Perut Tanpa Obat

Kram ini banyak dialami oleh para wanita baik sebelum maupun sesudah periode menstruasi. Sakit yang timbul karena kram perut umumnya dirasa tidak nyaman bagi para wanita, bahkan bisa sangat mengganggu aktifias sehari-hari. Biasanya untuk meredakan nyeri para wanita memilih untuk beristirahat dan tidur. Tapi terkadang hal tersebut dirasa tidak cukup untuk menghilangkan rasa sakit dan tidak nyamannya kram haid.

Mengonsumsi obat-obatan anti nyeri bisa menjadi solusi menghilangkan rasa sakit kram, namun ada juga cara tanpa obat-obatan. Berikut ini beberapa cara menghilangkan nyeri haid tanpa obat:

Kompres air hangat

Kompres air hangat bisa kamu jadikan cara mengatasi nyeri haid dengan cepat. Suhu hangat akan memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dan suplai oksigen menjadi lancar. Cara ini akan melemaskan otot yang menegang dan kaku.

Kamu bisa merendam handuk pada air hangat (40-50° C) lalu memeras handuk dan menempelkan pada perut. Atau bisa juga dengan mengisi botol dengan air panas, balut botol dengan waslap sebelum ditempelkan pada kulit. Kamu bisa mengulangi cara ini beberapa kali, dengan memberikan jeda sebelum mengulanginya. Bisa juga menggunakan pad yang mengeluarkan sensasi hangat saat ditempel, lebih praktis dibandingkan harus menggunakan handuk yang dicelup ke air panas. Saat ini sudah ada pad praktis, produk dari https://ifreeindonesia.com/

Minum teh chamomile

Meminum teh chamomile bisa kamu jadikan cara mengatasi nyeri haid dengan cepat. Teh chamomile mengandung hippurate yang bertugas melawan peradangan dan dapat membantu mengurangi produksi prostagladin sehingga dapat meredakan nyeri haid.

Minum teh jahe

Jahe menjadi bahan alami yang efektif dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit, sehingga bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi nyeri haid dengan cepat. Caranya yakni seduh potongan jahe bersama daun teh dalam air panas. Tambahkan sedikit madu agar lebih nikmat dan minum selagi hangat.

Akupunktur

Salah satu cara mengatasi nyeri haid tanpa obat yaitu dengan akupunktur. Akupunktur dapat meringankan efek kram perut akibat haid.

Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti jogging ringan atau senam aerobik, sebenarnya bisa menjadi salah satu cara mengatasi nyeri haid tanpa obat. Berolahraga membuat peredaran darah menjadi lancar dan membantu mengendurkan otot serta meningkatkan suplai darah ke panggul.

Mengurangi stres

Saat haid, stres bisa membuat kram perut semakin parah. Untuk itu cara mengatasi nyeri haid tanpa obat bisa dilakukan dengan mengurangi stres, seperti menonton film, jalan-jalan maupun meditasi.

Aromaterapi

Minyak aromaterapi bisa kamu jadikan cara mengatasi nyeri haid secara alami. Gosokkan minyak aromaterapi mawar, lavender, cengkeh atau kayu manis di daerah yang sakit agar dapat meredakan kram.

Minum air putih

Nyeri haid bisa terjadi karena dehidrasi, untuk itu minum air putih yang cukup bisa menjadi cara mengatasi nyeri haid secara alami. Dengan cukupnya asupan cairan dalam tubuh, nyeri haid dapat terhindarkan.

Melakukan pemijatan

Saat mengalami nyeri haid, ada baiknya kamu memberikan pijatan pada perut dan punggung dengan gerakan memutar secara perlahan. Selain itu, cara mengatasi nyeri haid secara alami bisa kamu praktikkan dengan berbaring terlentang sambil menaikkan kaki ke atas atau berbaring miring sambil menekuk lutut.