Loading...

Mobil Listrik Murah Rancangan Jerman Masih Terus Dikembangkan

Mobil Listrik Murah Rancangan Jerman Masih Terus Dikembangkan

MakEmak.comMobil Listrik Murah Rancangan Jerman Masih Terus Dikembangkan. Visio.M, mobil murah berteknologi listrik, masih terus dikembangkan oleh para peneliti di Technische Universität München (TUM) bersama dengan para ahli dari industri otomotif, agar segera siap digunakan untuk konsumsi masyarakat umum.

TUM menjelaskan “Tujuan mereka, menciptakan kendaraan listrik yang menarik dengan harga yang terjangkau tetapi juga memberikan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara, terutama jarak tempuh,”

Dilansir laman Kompas,Kamis (23/10/2014) Proyek ini dibiayai langsung oleh Menteri Pendidikan dan Penelitian dengan dana 7,1 juta euro (Rp 107,9 miliar) dan target waktu selama dua setengah tahun sudah.

Sementara ini Visio.M memiliki dimensi lebar 1,55 meter dan tinggi 1,31 meter. Saat baterai terisi penuh mampu berkendara dengan jarak 160 km, dengan jumlah penumpang dua orang dewasa dan bagasi. Sedangkan mesin yang digunakan adalah motor listrik berkekuatan 15 kW, dan dibekali dengan baterai lithium ion 13,5 kWh yang diposisikan di belakang jok. Bobot baterainya sendiri sekitar 85kg dan diisi ulang dengan tegangan 230 volt dalam waktu tiga sampai 4 jam.

Walaupun ukurannya tergolong mini, kabarnya mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimum 120 kpj, hal ini dikarenakan koefisien bodi yang rendah.

Bahan yang digunakan untuk konstruksi Visio.M adalah bahan seperti plastik karbon di bagian sisi penumpang dan atap kendaraan. Untuk jendelam menggunakan bahan polycarbonate karena beratnya hanya setengah dari kaca biasa. Meskipun polycarbonate bahan ini bisa tahan terhadap goresan atau karena dilapisi dengan teknologi pelapisan khusus.

Pengurangan beban juga dilakukan dengan penggunaan baja ringan pada sasis kendaraan, sistem kemudi, dan transmisi. Hasilnya, mobil ini hanya berbobot bersih 450 kg, jika ditambah baterai total menjadi 535 kg.

Masalah keamanan mobil tidak perlu dikhawatirkan, mobil ini menggunakan sasis model monokok yang terbuat dari plastik serat karbon yang diperkuat dengan beberapa lapisan bahan ultra ringan sehingga rigid. Visio.M juga dilengkapi dengan radar dan sensor dengn daya pantau 360 derajat untuk mendeteksi bahaya dan mengaktifkan sistemproteksi penumpang. Tak hanya memiliki 1 airbag, mobil ini dilengkapi dengan airbag khusus pada bagian bemper dan pintu.

Markus Lienkamp yang merupakan Dekan TUM Institute Teknologi Otomotif, memaparkan “Dengan Visio.M kami menggambarkan kalau memungkinkan menciptakan mobil yang sangat ringan tetapi juga aman, dengan biaya yang kami harap lebih murah ketimbang mobil konvensional. Tetapi, mobil konsep ini masih perlu mengalami serangkaian tes dan uji coba karena seluruh komponen harus bisa beradaptasi dalam proses manufaktur dalam skala yang besar,”

Baca juga: