Loading...

Perbandingan Datsun Go Panca, Agya dan Ayla dari Segi Dimensi dan Tenaga

Perbandingan Datsun Go Panca, Agya dan Ayla dari Segi Dimensi dan Tenaga

MakEmak.comPerbandingan Datsun Go Panca, Agya dan Ayla dari Segi Dimensi dan Tenaga. Setelah Harga dan desain baik eksterior dan interior, dimensi dan tenaga dari ketiga mobil murah yang saat ini sedang menjadi primadona yaitu Datsun Go Panca, Agya dan Ayla layak pula dikupas sebagai pertimbangan dalam memilih mobil.

Dengan dimensi panjang dan lebar 3765 x 1635 mm Datsun Go memiliki bobot lebih ringan daripada, sementara Agya yang memiliki dimensi panjang 3600 x 1600 mm. sedangkan ayla dengan dimensi panjang dan lebar dama dengan Agya memiliki bobot hanya antara 755-770kg, kecuali tipe X transmisi manual yang beratnya sama dengan Datsun Go yaitu 785kg.

Keuntungan memiliki dimensi panjang dan lebar yang lebih besar adalah, Datsun Go bisa jadi akan lebih stabil untuk kecepatan tinggi karena badannya lebih pendek hanya 1485mm dibanding Agya dan Ayla yang 1520mm. Demikian dilansir laman AntaraNews, Rabu (22/10/2014).

Untuk jarak sumbu roda (wheelbase) ketiganya sama 2450mm yang membedakan hanya ground clearance, milik Datsun Go Panca lebih rendah 10mm dari Agya dan Ayla yang dalam spesifikasi disebut 180mm.

Ketiga brand tersebut boleh dibilang memiliki suspensi yang tidak berbeda, sama-sama menggunakan Mc Pherson untuk depan dan torsion beam untuk belakang, dengan sistem pengereman sama disc untuk depan dan belakang drum, tapi Datsun mengklaim memiliki disc 22mm dengan lubang ventilasi terbesar dalam kelasnya.

Keunggulan Datsun Go Panca adalah sudah menggunakan fitur intelligent wiping system (IWS), yakni kecepatan wiper akan menyesuaikan dengan kecepatan laju kendaraan, memiliki technometer digital, serta lampu depan sudah menggunakan fitur berfitur Follow me Home.

Sesuai kapasitas mesin yang digunakan sudah jelas, Datsun Go Panca lebih unggul. Dipersenjatai mesin 1200cc, kendaraan itu mempunyai power maksimum 68PS pada rpm 5.000, sedangkan Agya dan Ayla dengan mesin 1.000cc hanya mampu mencapai power maksimum 65PS pada rpm 6.000.

Baca Juga:
Perbandingan Datsun Go Panca, Agya dan Ayla
Perbandingan Datsun Go Panca, Agya dan Ayla dari Segi Desain dan Interior

Dengan torsi (torque) lebih kuat 104Nm/rpm 4000, Datsun Indonesia lebih berani melakukan test drive di medan dengan tikungan dan tanjakan tajam yang terbilang panjang di kawasan Banaran dan Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan Agya dan Ayla belum pernah mencoba test drive di medan yang serupa.

Datsun Go Panca cukup responsif serta mampu melaju dalam kecepatan 150km/jam dan pedal gas belum mentok. Namun, Meskipun tidak terlalu terasa, ketika melewati jembatan di cekungan bukit yang berangin kencang, Datsun Go Panca memang sedikit goyang mungkin karena bobotnya yang ringan.

Di tanjakan tajam dan panjang Datsun Go Panca lumayan bertenaga pada gigi 2 dan kadang-kadang harus ke 1 ketika tanjakan begitu panjang. Namun, handle transmisi dan perpindahan gigi menjadi sedikit keras ketika mesin kendaraan sudah panas, terutama saat perpindahan gigi mundur.