adplus-dvertising

Cara Tambal Ban Sendiri dengan Dua Metode yang Bisa Anda Lakukan

Cara Tambal Ban Sendiri dengan Dua Metode yang Bisa Anda Lakukan

Cara tambal ban sendiri sebenarnya dapat dilakukan di mana saja, Anda juga bisa mengunjungi otoklik.com untuk mempermudahnya. Saat keadaan darurat akan memaksa Anda agar bisa melakukan tambal ban sendiri. Saat ini belum tentu tukang tambal ban dapat memperbaiki ban bocor. Terutama ban yang Anda gunakan adalah jenis tubeless. Plus minus yang dimiliki ban tubeless salah satunya lebih tahan lama dan tidak bocor. Namun bagaimana jika ban tubeless bocor?

Cara Tambal Ban Sendiri yang Sering Dilakukan

Sebenarnya, menambal ban tubeless tidak begitu sulit. Hanya saja Anda harus menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Alat yang diperlukan adalah tire repair kit. Di dalam tire repair kit terdapat beberapa peralatan yang menunjang untuk menambal ban. Antara lain, pengait (fixing hook), pembuka lubang (cleaning hook), lem (tube fix glue), serta karet penambal (bar patching rubber).

Setelah peralatan tersedia, berikut adalah dua metode menambal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Metode String

Cara tambal ban sendiri yang pertama yakni dengan metode string. Tekniknya dengan melubangi ban yang bocor, kemudian menyumbatnya. Metode ini paling cocok saat kebocoran kecil pada crown area. Cown area merupakan bagian tengah ban yang langsung menempel permukaan jalan. Ikuti langkah-langkah yang dapat Anda lakukan saat menambal sendiri.

1. Temukan Titik Kebocoran

Sebelum melakukan menambal ban, pastikan letak kebocoran pada ban Anda. Bagaimana cara Anda mengetahui kebocoran yang ada pada ban tubeless? Menemukan letak kebocoran pada ban jenis ini relatif lebih sulit dibanding jenis tube. Karena tekanan angin yang ada pada ban tubeless tidak serta merta menghilang tetapi akan berkurang perlahan. Kebocoran ban tubeless biasanya disebabkan benda tajam yang tertancap seperti paku, kaca, atau benda lainnya.

Langkah mudah yang dapat Anda ambil, yakni dengan cara memompa ban dengan sempurna. Kemudian siram dengan air sabun. Pada bagian yang bocor biasanya akan mengeluarkan gelembung. Tandai pada kebagian kebocoran.

2. Bersihkan Ban

Setelah mengetahui titik kebocoran, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membersihkan lubang. Gunakan cleaning hook untuk membersihkan lubang ban. Tusuk ban dengan perlahan, putar arah jarum jam agar lubang membesar. Jika lubang sudah cukup besar, cabut alat dengan berlawanan arah.

3. Masukkan Karet Penambal

Cara tambal ban sendiri ini dengan cara ambil karet penambal yang berbentuk seperti cacing panjang. Biasanya dalam tire repair kit terdapat 4 atau 5 karet, cukup ambil satu karet penambal. Masukkan setengah karet penambal pada lubang di alat pengait (fixing hook). Bentuk alat pengait ini seperti jarum tapi dengan dimensi besar. Setelah itu, oleskan secara merata lem (tube fix glue) pada seluruh permukaan karet penambal.

4. Tusuk Kembali Titik Bocor

Setelah lem merata, tusuk kebocoran dengan pengait tekan hingga karet masuk ke dalam ban. Tekan pengait agar dapat menutupi titik bocor. Tarik pengait cepat hingga karet yang ada pada alat pengait terlepas. Gunting sisa karet yang belum rapi.

5. Cek Kembali Kebocoran

Lakukan pengecekan ulang untuk memastikan titik kebocoran sudah tertutup sempurna. Seperti langkah sebelumnya, lakukan dengan cara mengisi tekanan angin hingga penuh. Siram kembali dengan air sabun. Jika tidak ditemukan gelembung seperti awal maka Anda sudah bisa menggunakan ban tersebut.

Cara tambal ban sendiri tersebut sebisa mungkin hanya dilakukan saat darurat. Karena ban tubeless yang ditambal secara terus menerus akan merusak mahkota ban. Jika memang kerusakan ban tubeless sudah cukup parah, lakukan pergantian di bengkel ganti ban terdekat.

Metode Tip Top

Selain menambal ban dengan metode string Anda juga bisa menggunakan metode tip top. Metode tip top jauh lebih aman dibanding metode sebelumnya. Akan tetapi metode ini perlu waktu yang cenderung lebih lama. Berbeda dengan metode string yang ditusuk dari luar, cara ini dilakukan dengan membuka pelek dan menambal ban dari dalam. Urutan langkah pada metode ini antara lain.

1. Pisah Ban dari Pelek

Cara tambal ban sendiri pada metode ini yang pertama adalah memisahkan ban dari peleknya. Dengan cara ini akan meminimalisir kerusakan benang pada ban.

2. Bersihkan Area Bocor

Sama seperti metode string Anda juga harus membersihkan area pada ban bocor. Bersihkan permukaan secara keseluruhan.

3. Tempel Rubber Patch

Selanjutnya lumasi bagian ban yang bocor, kemudian tempel rubber patch. Rubber patch ditempel pada bagian dalam bukan luar.

4. Pres dan Diamkan

Agar menempel dengan kuat Anda bisa lakukan press dengan alat hot press. Diamkan lem hingga mengering sempurna. Sebaiknya diamkan selama 10 sampai 20 menit. Dibanding string, metode ini biasanya akan lebih mahal. Tetapi metode ini aman untuk digunakan menambal kebocoran ban tubeless yang lebih besar.

Selain menggunakan dua metode tersebut di atas cara tambal ban sendiri Anda juga bisa mengganti dengan ban serep. Perbaiki ban yang bocor dengan dibawa ke bengkel terdekat. Otoklix menyediakan kebutuhan Anda untuk servis berbagai kendaraan dengan kualitas terbaik. Layanan untuk perawatan sangat lengkap, seperti ganti ban, oli, servis rem, cuci, serta detailing. Jadi, tunggu apalagi, hubungi Otoklix segera untuk service ringan sampai yang berat, tentu dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Baca juga: