Apa itu Sepatu Safety dan Kapan Anda Membutuhkannya?

Apa itu Sepatu Safety dan Kapan Anda Membutuhkannya

Sebelum abad ke-20, secara signifikan lebih murah untuk mengganti pekerja yang dipekerjakan daripada menerapkan langkah-langkah keselamatan. Dengan munculnya Revolusi Industri datang gelombang besar pekerja dan perusahaan yang bergantung pada langkah-langkah baru ini untuk menyelesaikan fungsi sehari-hari dengan sukses. Itu juga memperkenalkan serikat pekerja dan persyaratan keselamatan yang masih kita miliki sampai sekarang. Berkat standar keselamatan ini, pekerja di bidang konstruksi, transportasi, manufaktur, dan bahkan makanan dan ritel diharuskan memakai sepatu safety yang nyaman setiap hari. Saat ini, sepatu safety dan sepatu bot keselamatan kerja tersedia dalam berbagai gaya. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan di mana alas kaki yang tepat ini dimulai, apa yang membuat sepatu safety, dan berbagai jenis sepatu safety dan mengapa mereka dipakai.

Mengapa khawatir tentang alas kaki pekerja?

Ketika Anda memikirkan cedera kerja, cedera kaki mungkin tidak termasuk dalam daftar kekhawatiran Anda, tetapi itu lebih umum daripada yang Anda kira. Setidaknya 60.000 cedera kaki menyebabkan hari kerja yang terlewatkan setiap tahun. Biaya ini untuk perusahaan dapat mencapai lebih dari $950 juta dolar. Ketika Anda mengukur biaya cedera ini dengan biaya yang mengharuskan pekerja Anda memakai beberapa bentuk sepatu safety, Anda dapat melihat penghematannya.

Asal muasal sepatu safety

Dengan pemahaman tentang alasan di balik membutuhkan sepatu safety di lingkungan kerja tertentu, Anda mungkin ingin tahu tentang asal usul konsep sepatu safety. Sepatu pelindung pertama yang dipakai pekerja disebut Sabot. Ini memiliki desain sepatu kayu berlubang sederhana yang menjaga kaki petani Prancis dan Inggris aman dari benda jatuh. Ini adalah pilihan alas kaki yang umum sampai Revolusi Industri ketika para pekerja mulai melemparkan Sabot ke mesin untuk menghentikan produksi selama protes.

Pada 1930-an, masalah keamanan tempat kerja industri mulai ditangani, dan Perusahaan Sepatu Red Wing mulai membuat sepatu bot baja di Jerman untuk pekerja dan perwira militer yang tidak ditugaskan di masa perang. Masalah keamanan terus menjadi prioritas setelah perang. Pada tahun 1970-an, Kongres Amerika Serikat mengesahkan Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk memastikan kondisi kerja yang aman dan sehat bagi karyawan. Tindakan ini termasuk penciptaan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) untuk menegakkan standar yang berkaitan dengan keselamatan pekerja.

Apa yang memenuhi syarat sebagai Sepatu Safety?

Memimpin hingga alas kaki keselamatan modern saat ini, sepatu safety pria dan wanita dirancang hanya dengan ujung kaki pengaman. Ini adalah baja historis, tetapi akhirnya termasuk Paduan Aluminium, Bahan Komposit, dan sepatu kaki Serat Karbon. Sepatu kaki komposit vs kaki baja ini diperiksa dan diuji untuk mengikuti standar yang ditetapkan oleh American National Standards Institute (ANSI). Seiring berjalannya waktu, perlindungan kaki berkembang berarti melindungi jari kaki, pergelangan kaki, dan kaki Anda dari bahaya dan cedera. Hal ini menyebabkan standar keselamatan boot yang baru diatur oleh American Standards for Testing and Materials (ASTM), dengan area yang menjadi perhatian termasuk benda jatuh, menginjak benda tajam, panas dan dingin, permukaan basah dan licin, dan paparan bahan kimia korosif. Karena banyak lokasi kerja yang memiliki risiko terpeleset dan jatuh karena permukaan yang licin, kami menawarkan berbagai pilihan sepatu pelindung anti-selip untuk pria dan wanita untuk membantu mengurangi kemungkinan cedera kaki.

Standar OSHA dan ASTM sekarang mencakup persyaratan kinerja, standar pengujian, dan pelabelan standar. Karena setiap lingkungan kerja berbeda, tanggung jawab untuk meminta sepatu safety khusus ada pada pemberi kerja. OSHA mengharuskan pengusaha untuk menilai tempat kerja untuk menentukan bahaya yang mungkin memerlukan Alat Pelindung Diri (APD). Kegagalan untuk mematuhi persyaratan OSHA dapat mengakibatkan denda ribuan dolar.

Berbagai jenis sepatu safety dan mengapa mereka dipakai untuk perlindungan kaki tambahan

Menurut standar OSHA 1910.132 (d)(1), pemberi kerja harus menilai tempat kerja untuk menentukan apakah bahaya memerlukan APD. Alas kaki pelindung harus digunakan ketika karyawan berada dalam bahaya cedera kaki karena benda jatuh atau terguling, benda yang menembus sol, atau di mana kaki karyawan terkena bahaya listrik menurut standar OSHA 29CFR 1915.156 (a).

Persyaratan kinerja alas kaki berikut dibahas dalam standar ASTM F2413:

Ketahanan benturan dan kompresi tidak memerlukan sepatu boot baja, tetapi pelindung jari kaki harus menjadi bagian permanen dari sepatu atau sepatu pengaman untuk melindungi kaki dari benda jatuh atau tergencet dari benda berat yang menggelinding.

Perlindungan metatarsal mengurangi kemungkinan cedera pada bagian atas kaki. Alas kaki yang tepat harus dirancang untuk menutupi jari kaki dan area tulang metatarsal antara pergelangan kaki dan jari kaki.

Ketahanan Sengatan Listrik: Sepatu berperingkat EH melindungi pemakainya dari kejutan saat berdiri selama aplikasi 18.000 volt pada 60 hertz selama satu menit tanpa aliran arus atau kebocoran lebih dari 3 miliampere dalam kondisi kering.

Ketahanan tusukan/penetrasi membutuhkan pelat permanen untuk ditempatkan di antara insole dan outsole dari alas kaki pengaman untuk menahan penetrasi dari benda tajam seperti paku dan kaca.

Resistensi potong gergaji melindungi kaki di antara jari kaki dan tungkai bawah saat mengoperasikan gergaji mesin.

Statis Disipatif menilai kemampuan sepatu untuk secara aman menghantarkan listrik statis apa pun melalui sol dan ke lantai.

Alas kaki insulasi dielektrik dirancang untuk memberikan insulasi jika kontak tidak disengaja dilakukan dengan konduktor atau sirkuit.

Tanggung jawab untuk alas kaki pelindung terutama terletak pada majikan, tetapi karyawan harus diberi tahu tentang pilihan sepatu safety mereka dan kapan sepatu pengaman diperlukan.

Semoga artikel ini membantu menjelaskan sejarah dan alasan sepatu safety pelindung dan jenis sepatu apa saja yang tersedia.

Punya pertanyaan lebih lanjut tentang sepatu safety? Kunjungi ptwasakharismaindonesia.com sekarang juga untuk mendapatkan saran dan masukan ahli! PT. Wasa Kharisma Indonesia sebagai Perusahan yang bergerak di bidang produsen sepatu merupakan salah satu Pabrik Sepatu Safety di Tangerang. Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi dan support produk sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Baca juga: