Loading...

Ketahui Tips Membersihkan Lemari Es Agar Bebas Bakteri

Tips Membersihkan Lemari Es Agar Bebas Bakteri

Salah satu agar makanan dan minuman awet yaitu memasukkan ke dalam kulkas. Apalagi yang ingin bebas bakteri, maka lemari es anti bakteri bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaru pilihan kulkas. Apalagi kalau bertujuan untuk menyetok bahan masakan dalam jumlah yang banyak.

Berikut cara agar makanan bisa awet di dalam lemari es anti bakteri.

1. Jangan masukkan makanan dalam keadaan panas

Makanan akan menjadi sumber bakteri jika dimasukkan dalam keadaan masih panas ke dalam lemari es. Tunggu sampai dingin dan tutup dengan rapat sebelum memasukkannya.

2. Pisahkan daging mentah dan ikan dari makanan lain

Pastikan menyimpan makanan mentah dan daging dari makanan lain. Hal ini mencegah daging dan ikan terkontaminasi dari makanan lain. Begitu juga sebaliknya.

3. Sering lakukan defrost

Defrost adalah mencairkan es di dalam freezer. Es yang menebal di dalam freezer akan menyebabkan boros energi listrik.

4. Tutup rapat makanan dan minuman

Jika kita ingin menyimpan makanan dan minuman dalam lemari es, pastikan makanan dan minuman tersebut tertutup rapat. Pasalnya kelembaban di dalam lemari es akan merusak makanan dan minuman jika tidak ditutup.

5. Suhu lemari es seimbang

Atur suhu untuk makanan sekitar 3-5 derajat celcius. Itu adalah suhu yang direkomendasikan. Sedangkan untuk freezer sekitar minus 15 derajat celcius.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar makanan dan minuman bisa awet di dalam lemari es. Jangan lupa untuk membersihkan lemari es secara rutin agar performa lemari es tetap maksimal. Jika rajin dibersihkan, makanan dan minuman akan terjaga dengan baik.

Dan agar kulkas bebas dari bau, anda bisa lakukan pembersihan kulkas dengan memakai beberapa bahan di dapur. Misalnya memakai cuka, air hangat, sabun pencuci, dan air jeruk secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut, masukkan ke dalam botol penyemprot dan gunakan ketika membersihkan lemari es. Metode ini akan menghasilkan lemari es Anda bebas bau dan bakteri. Selamat mencoba.

Baca juga: