Definisi dan Pengertian Ideologi Kapitalisme

Definisi Pengertian Ideologi Kapitalisme

Apakah yang dimaksud dengan ideologi kapitalisme, serta bagaimana ciri-cirinya untuk mendekteksi suatu negara menganut ideologi kapialisme atau tidak? Kami yakin terdamparnya sobat di blog MAKEMAK.COM ini karena sedang mencari informasi mengenai pengertian ideologi kapitalisme.

Seperti halnya dengan ideologi-ideologi lainnya, ideologi kapitalisme tentunya juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tentunya damoat baik dan dampat buruk akan dialami oleh negara yang menganut paham kapitalisme tersebut. Maka dari itu mari simak penjelasan mengenai ideologi kapitalisme dibawah ini.

Apakah yang dimaksud dengan pengertian ideologi kapitalisme? Pengertian dari Kapitalisme atau Kapital merupakan suatu sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Dalam melakukan usahanya, pemilik modal akan berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Dengan prinsip tersebut, maka pemerintah tidak bisa melakukan intervensi pasar agar memperoleh keuntungan bersama, akan tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

Meskipun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak mempunyai definisi universal yang dapat diterima secara luas. Oleh karena itu, beberapa ahli mengartikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai dijalankan di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19. Yang mana pada saat itu adalah masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana seorang individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia agar terjadi suatu proses perubahan dari barang modal ke barang jadi.

Kemudian jika ada yang ingin mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin terlebih dahulu, setelah itu buruh yang berperan sebagai operator mesin supaya mendapatkan nilai dari bahan baku yang diolah tersebut.

Sejarah kapitalisme ini sangatlah panjang, dimulai dari ditemukannya sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta. Di Eropa, hal ini dikenal dengan sebutan guild sebagai cikal bakal kapitalisme. Sedangkan saat ini, kapitalisme tidak hanya dilihat sebagai suatu pandangan hidup yang hanya menginginkan keuntungan belaka. Namun, peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu.

Dalam arti modern, istilah kapitalisme sendiri sering dikaitkan dengan Karl Marx. Dapat dilihat dalam magnum opus Das Kapital, Marx menulis tentang “cara produksi kapitalis” dengan menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme. Marx sendiri jarang menggunakan istilah “kapitalisme”, namun istilah tersebut ia gunakan dua kali dalam interpretasi karyanya yang lebih politik, terutama ditulis oleh kolaborator Friedrich Engels.

Sedangkan pada abad ke-20 pembela sistem kapitalis sering menggantikan kapitalisme jangka panjang dengan frasa seperti perusahaan bebas dan perusahaan swasta dan diganti dengan kapitalis rente dan investor sebagai reaksi terhadap konotasi negatif yang terkait dengan kapitalisme.

Demikianlah pembahasan tentang ideologi kapitalisme. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tentang definisi ideologi kapitalisme. Materi dan rumus mata pelajaran lainnya bisa juga sobat lihat di www.rumuspelajaran.com, tidak hanya pelajaran PKN, tetapi juga mata pelajaran lainnya seperti anek rumus matematika, fisika, kimia, biologi, geografi dan lainnya.

Baca juga: