adplus-dvertising

Ketahui 7 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Bahan Alami

Ketahui Cara Menumbuhkan Rambut dengan Bahan Alami

Kerontokan rambut adalah hal yang umum dialami oleh sebagian besar orang. Baik pria ataupun wanita tentunya pernah mengalami masalah tersebut. Kerontokan rambut bisa disebabkan karena banyak hal, antara lain: kerusakan rambut karena kurangnya perawatan, stress, terlalu sering terpapar matahari, karena penyakit kronis, kehamilan dan menyusui, dan pengaruh usia.

Bahkan sebenarnya rambut akan rontok dengan sendirinya setiap tiga bulan sekali, dan digantikan dengan rambut yang baru.

Untuk pemulihan rambut rontok, sebaiknya Anda tidak hanya berfokus pada menghentikan kerontokan rambut. Namun juga perlu untuk mempercepat tumbuhnya rambut baru.

Saat ini sudah banyak ditawarkan berbagai perawatan instan untuk mengatasi kerontokan rambut. Namun sebenarnya Anda tidak perlu membuang uang terlalu banyak. Karena terdapat beragam cara menumbuhkan rambut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Untuk mengatasi kerontokan dan mempercept pertumbuhan rabut, dapat dilakukan dari luar dan juga dalam. Perawatan dari dalam adalah dengan memperbaiki asupan nutrisi, dan juga rajin mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti minyak ikan.

Sedangkan perawatan dari luar dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami yang mudah didapat. Berikut beberapa bahan alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut beserta dengan cara penggunaannya:

1. Minyak Kemiri

Bahan yang paling populer sebagai penumbuh rambut adalah minyak kemiri. Minyak kemiri ini dapat digunakan bayi hingga dewasa, caranya cukup dengan mengoleskan minyak kemiri secara rutin ke kulit kepala dengan sedikit pijatan. Lakukan setiap hari saat sebelum tidur, dan cuci degan shampoo pada pai hari.

2. Lidah Buaya

Bahan alami yang kedua adalah lidah buaya. Tanaman ini memang sangat populer untuk kesehatan rambut. Sehingga banyak produk shampoo dan kondisioner yang menggunakan ekstrak lidah buaya.

Cara menumbuhkan rambut dengan lidah buaya sangat mudah, kupas lidah buaya kemudian hancurkan bagian dagingnya hingga menyerupai gel. Oleskan pada rambut dan kulit kepala, tunggu hingga mengering atau kurang lebih selama 1 jam, kemudian bilas hingga bersih.

Lakukan secara rutin 2 – 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Seledri

Seledri kaya akan kandungan vitamin A, B, serta mineral natrium dan kalsium, yang dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Cara penggunaannya dengan menghaluskan segenggam seledri segar bersama beberapa sendok air.

Kemudian gunakan sebagai masker rambut dan kulit kepala. Berikan pijatan lembut, kemudian diamkan selama kurang lebih 35 menit sebelum dibilas dengan bersih.

4. Minyak Zaitun

Bahan alami penumbuh rambut yang berikutya adalah minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala dan rambut. Berikan pijatan ringan, kemudian diamkan selama 1 jam. Gunakan setiap sore atau pagi hari sebelum Anda keramas.

5. Daun Jambu Biji

Tidak hanya mengatasi diare, daun jambu biji juga ampuh untuk menumbuhkan rambut. Dengan cara merebus segenggam daun jambu biji dengan sedikit air, kemudian air rebusan ini dibilaskan pada rambut sambil memberikan pijatan pada kulit kepala. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Jeruk Nipis

Bagi Anda yang mengalami kerontokan rambut akibat ketombe, sebaiknya menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Karena, selain berkhasiat untuk mengatasi ketombe. Ternyata jeruk nipis juga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda cukup mencampur air perasan jeruk nipis dengan sedikit air kemudian oleskan pada kulit kepala. Pijat sebentar dan diamkan kurang lebih 30 menit sebelm dibilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin 3 kali seminggu.

7. Cuka Apel

Bahan alami yang terakhir adalah cuka apel. Mengatasi kerontokan dan merangsang pertumuhan rambut dengan cuka apel sangat mudah dan simpel. Anda cukup memasukkan tiga sendok cuka apel dengan satu sendok air kedalam botol semprot.

Setelahnya semprotkan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Tunggu 1 – 2 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Gunakan campuran ini maksimal 3 kali seminggu agar tidak merusak rambut.

Baca juga: