Loading...

Harga Kelapa Sawit Terbaru

Update Harga Kelapa Sawit Terbaru dan Terkini

Harga Kelapa Sawit Terbaru. Informasi Terkini Harga Sawit Turun ke Harga Terendah. Petani kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menjerit dengan harga yang semakin turun mencapai Rp750 per kg.

“Kami kewalahan karena harga semakin turun sejak satu minggu terakhir,” kata petani di Jambak, Adek, Jumat (7/8). Dia mengatakan turunnya harga tanda buah segar (TBS) tentunya membuat petani kewalahan. Sebab, harga TBS turun, sementara harga kebutuhan pokok tidak pernah turun bahkan semakin naik.

Sementara itu, pengurus Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Pasaman Barat, Jasmir Sikumbang sangat menyayangkan dengan harga TBS di tingkat petani. “Harga TBS kelapa sawit di tingkat petani nonplasma cukup rendah sekali. Diharapkan pemerintah harus tegas terhadap pabrik kelapa sawit yang ada,” ujarnya.

Harga Kelapa Sawit Terbaru

Ia menyebutkan harga penetapan bersama yang dilakukan secara gabungan antara pengusaha, petani dan pemerintah masih Rp1.613,13 per kg. Namun di Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PPKS) hanya Rp 1.000 per kg dan bervariasi antara satu pabrik dengan pabrik lainnya. “Kami heran penetapan harga sawit sudah jelas dan kalaupun berbeda harga dengan petani plasma tidak sejauh itu. Jika harga Rp740 per kg sama dengan membunuh petani secara berlahan,” sebutnya.

Sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/08/08/179526/harga-sawit-turun-ke-harga-terendah