Loading...

Keuntungan Samsung Terus Turun Hingga ke Posisi Terendah

Keuntungan Samsung Terus Turun Hingga ke Posisi Terendah

MakEmak.comKeuntungan Samsung Terus Turun Hingga ke Posisi Terendah. Raksasa Perusahaan elektronik Korea Selatan, Samsung dikabarkan tengah mengalami situasi yang buruk yang terjadi pada kuartal III-2014 yang diduga berasal dari divisi mobile. Saumsung mencatat keuntungan operasi turun 60,1 persen menjadi 4,1 triliun won atau sekitar lebih dari Rp47,13 triliun.

Dilansir laman Okezone, Senin (3/11/20140) keuntungan untuk divisi mobile turun tajam menjadi 1,75 triliun won atau sekitar Rp20,1 triliun, padahal tahun lalu pada periode yang sama sebesar 6,70 won atau sekitar Rp76,98 triliun.

Saat ini divisi mobile hanya menyumbang sebesar 43 persen dari total keuntungan usaha, yaitu turun dari 76 persen dari kuartal I-2014. Walaupun secara perhitungan turun tajam namun saham Samsung naik mendekati 4 persen pada Kamis lalu.

International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker menduga hal ini dapat terjadi, lantaran tekanan kompetitif sehingga memungkinkan perusahaan jatuh jauh dari posisi tertinggi di awal tahun ini.

Di sisi lain, Samsung melihat ada prospek keuntungan yang lebih baik untuk divisi Televisi dan komponen bisnisnya pada kuartal IV namun hal ini juga masih belum bisa dipastikan.

Saat ini perusahaan mengatakan sedang memanfaatkan pertumbuhan penjualan smartphone pada segmen menengah ke bawah untuk menanggulangi kondisi ini bahkan ada rencana peluncuran produk baru pada kuartal ini. Dengan demikian diharapkan stabilitas keuntungan margin pada bisnis handset nya dapat terjaga.

Karena menurun tajamnya keuntungan dari divisi smartpone maka, keuntungan usaha turun 60.1 persen pada tahun menjadi 4,1 triliun won atau sekira USD3,90 miliar.

Secara umum peminat Samsung di pasar smartphone global turun menjadi 23,8 persen pada kuartal ketiga, yang sebelumnya berada pada posisi 32,5 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: