Loading...


Tanggapan Menteri Perhubungan Mengenai Dihentikannya Proyek Jembatan Selat Sunda

Tanggapan Menteri Perhubungan Mengenai Dihentikannya Proyek Jembatan Selat Sunda

Advertisement

MakEmak.comTanggapan Menteri Perhubungan Mengenai Dihentikannya Proyek Jembatan Selat Sunda. Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan (Menhub) mengatakan setuju dengan pernyataan Badan Percepatan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait Jembatan Selat Sunda (JSS).

“Kan Menteri Bappenas sudah ngomong kalau kabinet satu suara,” kata Jonan saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Pusat, Rabu (5/11/2014).

Dilansir laman Kompas, Kamis (6/11/2014) Jonan mengungkapkan, bahwa pemerintah tetap berprioritas pada pengembangan infrastruktur laut , salah satunya yaitu membangun pelabuhan dan perbaikan kapal-kapal. Menurut Jonan prioritas itu merupakan bukti konsistensi pemerintah untuk mengembangkan sektor kelautan melalui pembangunan infrastruktur pelabuhan.

Beliau menambahkan “Pelabuhan menjadi salah satu penunjang kegiatan ekonomi yang utama, terlebih bagi negara kepulauan seperti Indonesia. Kalau pelabuhannya tidak berkembang, dalam jangka panjang ekonominya juga terganggu,”

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menyiratkan megaproyek Jembatan Selat Sunda (JSS) tidak akan dilanjutkan pada masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Meski begitu, dia yakin JSS masih bisa dibangun 10 atau 15 tahun nanti.

Menurut penjelasan Andrinof, Presiden Joko Widodo tidak akan melanjutkan proyek yang masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) itu karena beberapa hal, salah satunya adalah adanya jembatan itu dianggap akan memperbesar ketimpangan serta menghilangkan identitas Indonesia sebagai negara maritim.

Baca juga: