Kenali Ciri-ciri Anak Sehat secara Jasmani dan Rohani

Ciri ciri Anak Sehat secara Jasmani dan Rohani

Sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui bagaimana tanda dan ciri anak sehat. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa anak Anda sedang dalam kondisi sehat, baik itu secara jasmani maupun rohani.

Tentu saja setiap orang tua mendambakan memiliki anak-anak yang sehat. Dan definisi sehat itu tidak terbatas hanya pada fisik atau jasmaninya, namun juga mental dan psikis atau rohaninya.

Sebagai orang tua agar dapat mendeteksi adanya masalah kesehatan dan tumbuh kembang pada anak, maka Anda sangat disarankan untuk memahami bagaimana ciri-ciri anak yang sehat secara jasmani (fisik) dan rohani (mental).

Ciri-ciri Anak Sehat secara Jasmani

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri anak yang sehat dari segi jasmani.

1. Aktif Melakukan Kegiatan Fisik

Seorang anak yang gemar melakukan aktivitas fisik menandakan bahwa anak tersebut memiliki kesehatan jasmani yang baik. Aktivitas fisik itu sendiri merupakan berbagai gerakan tubuh yang sangat bermanfaat dalam membakar energi yang didapatkan dari asupan makanan.

Berbagai contoh nyata kegiatan fisik yang lazimnya dilakukan anak-anak antara lain berjalan, berlari, bersepeda, berenang dan olah raga rinagn lainnya.

Anak yang aktif berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat, rasa percaya diri yang tinggi, jiwa sosial yang baik, mudah berbaur dan bergaul dengan teman-temannya, serta meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan seperti obesitas hingga penyakit kardiovaskular.

2. Pertumbuhan yang Baik

Tumbuh kembang dan laju pertumbuhan setiap anak berbeda-beda. Namun secara umum, penambahan berat badan dan tinggi pada anak yang normal dan sehat akan meningkat secara seimbang.

Pada umumnya, pertumbuhan akan berlangsung lebih pesat pada masa pubertas. Yakni saat anak berusia antara 9 – 14 tahun untuk anak perempuan, dan kisaran 10 – 14 tahun untuk anak laki-laki.

3. Tampilan Fisik yang Sehat

Anak yang sehat akan memiliki penampilan fisik yang sehat pula. Mulai dari kulit yang nampak sehat, dimana kondisinya tidak terlalu kering atau cukup kelembapannya, tidak dipenuhi dengan korengan atau bentol-bentol karena gatal. Juga kuku yang bersih dan tidak mudah patah, serta rambut yang sehat, tidak mudah rontoh dan tidak berkutu.

Di samping itu juga kondisi mulut yang bersih dan sehat, gigi tidak berlubang atau berkarang, mulut tidak bau menyengat, serta lidah yang berwarna merah jambu (pink).

Ciri-ciri Anak Sehat secara Rohani

Selain kesehatan jasmani, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan rohani atau kesehatan mental anak. Di mana kesehatan rohani itu sendiri sangat berkaitan erat dengan kepribadian, sikap dan perilaku anak, hingga perkembangan dan kemampuan akademik anak.

Dan berikut ini adalah beberapa ciri-ciri anak yang sehat dilihat dari segi rohani.

1. Emosi Stabil

Anak dengan mental yang sehat pada umumnya memiliki sikap dan perilaku yang sopan, baik, menyanyangi dan menghormati orang lain. Selain itu, anak juga tidak agresif ataupun tantrum.

Ditambah lagi dengan emosinya yang relatif stabil, gembira, tidak suka murung ataupun terlihat sedih.

2. Ceria & Percaya Diri

Anak yang sehat secara rohani biasanya akan selalu menunjukkan keceriaan dan senantiasa menikmati hidup. Di samping itu, anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tidak minderan dan kecil hatimeskipun memiliki kekurangan.

3. Mudah Bergaul

Ciri anak sehat dari segi rohani selanjutnya adalah anak tersebut mudah berbaur dan bergaul dengan teman-temannya di sekitar rumah dan juga di sekolah. Selain itu, ia juga memiliki kemandirian dan tidak bergantung kepada orang lain.

4. Mudah Belajar

Anak yang memiliki menatl sehat, biasanya tidak akan mengalami kesulitan dalam belajar, mudah berkonsentrasi dan mmeperhatikan pelajaran yang disampaikan para guru di sekolahnya.

Itulah beberapa ciri-ciri anak yang sehat dipandang dari segi jasmani dan rohani. Jika anak Anda memiliki gangguan atau hambatan dalam perkembangannya, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya.

Baca juga: