6 Cara Melatih Kecerdasan Anak dan Kemampuan Berpikirnya

Cara Melatih Kecerdasan Anak dan Kemampuan Berpikirnya

Orang tua perlu melatih kecerdasan anak agar tumbuh kembangnya dapat optimal. Pasalnya, anak yang cerdas dan kreatif merupakan impian bagi setiap orang tua.

Maka membangun serta melatih kecerdasan anak tugas orang tua, termasuk Anda yang sudah dikaruniai buah hati. Karena itulah, Anda sebagai orang tua perlu memahami apa saja yang dapat Anda upayakan guna meningkatkan kecerdasan intelektual dan kemampuan berpikir si kecil.

Tips Melatih Kecerdasan Anak

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan atau melatih kecerdasan buah hati Anda, antara lain:

1. Dimulai dari Sarapan Sehat

Cara pertama untuk meningkatkan kecerdasan anak yang bisa Anda lakukan adalah memulai pagi dengan sarapan sehat. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, anak yang rutin sarapan di pagi hari ternyata memiliki daya ingat yang lebih baik, serta lebih fokus dan konsentrasi dibandingkan anak yang tidak sarapan pagi.

Maka akan sangat penting untuk mencukupi asupan nutrisi dan gizi untuk anak melalui sarapan pagi. Sarapan yang sehat bisa dilengkapi dengan sereal gandum, buah-buahan, telur, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak yang semua itu akan mendukung kinerja otak si kecil.

2. Pancing dengan Pertanyaan Ringan

Untuk melatih kecerdasan dan kraetivitas anak, Anda juga bisa meberikan pertanyaan ringan yang menarik bagi anak serta dapat memancing si kecil untuk mengeluarkan ide-ide yang segar.

Misalnya saja, apa warna kesukaannya, hewan apa yang menarik baginya, serta hari ini ingin bermain apa, dsb. Pertanyaan menarik namun mudah dijawab semacam ini akan menumbuhkan hubungan saraf baru di otak buah hati Anda.

3. Bermain Sambil Belajar

Mengajak anak belajar bukanlah sesuatu yang mudah. Agar anak suka mempelajari banyak hal, maka Anda sebagai orang tua harus bisa kreatif. Cara paing efektif adalah mengajak anak bermain sambil belajar.

Misalnya saja bermain puzzel sederhana, menyusun balok menjadi sebuah bangunan atau benda lainnya, mewarnai gambar huruf dan angka, dan juga permainan lainnya yang di dalamnya mengandung pelajaran atau dapat Anda selipkan pelajaran di dalamnya.

4. Cukupi Asupan Asam Lemak Omega-3

Bukan rahasia lagi jika asam lemak omega-3 sangat bermanfaat dan memegang peranan penting untuk pertumbuhan otak anak. Area otak ini perlu distimulasi guna meningkatkan fokus, daya ingat dan juga aspek kognitif lainnya.

Cukupi buah hati Anda dengan asupan minyak ikan dan berbagai makanan lain yang menagndung omega-3 dan DHA. Semua ini bisa Anda dapatkan melalui ikan yang banyak mengandung omega-3, suplemen ataupun susu anak yang diperkaya dengan minyak ikan, misalnya DANCOW 5+ Nutritods yang diformulasikan untuk anak usia 5-6 tahun.

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin & Mineral

Selain mencukupi anak dengan asupan omega-3, si kecil juga perlu diberikan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Anda bisa mendapatkan kandungan tersebut dari berbagai sayura dan buah-buahan.

Vitamin dan mineral selain sangat baik untuk kesehatan tubuh juga mengandung banyak antioksidan. Di mana antioksidan itu sendiri sangat berperan dalam melawan radikal bebas sekaligus melindungi perkembangan otak si kecil.

6. Pastikan Anak Cukup Tidur

Tidur yang cukup durasi dan kualitasnya akan sangat mempengaruhi kecerdasan anak. Pasalnya, tidur ampu mempengaruhi setiap faktor fungsi kognitif anak, mulai dari perhatian atau fokus, daya ingat, kemampuan untuk mencari solusi atau memecahkan masalah hingga kecakapan untuk mengambil keputusan.

Kondisi si kecil yang tidak memiliki cukup waktu tidur, ia bisa saja akan mengalami kehilangan kemampuan otak atau perkembangan otak dan kecerdasannya tidak optimal.

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk melatih serta meningkatkan kecerdasan buah hati Anda.

Baca juga: