Mengenal Pengertian TV Digital, Ciri-ciri dan Kelebihannya

Mengenal Pengertian TV Digital, Ciri ciri dan kelebihannya

Dianggap sudah tidak lagi relevan, pemerintah melalui kementrian kominfo membuat keputusan untuk melakukan migrasi dari penyiaran TV analog ke TV digital. Migrasi ini akan dilakukan secara bertahap, melalui pengurangan siaran TV analog sedikit demi sedikit. Sebenarnya proses migrasi ini sudah dimulai semenjak Agustus 2021, dan diperkirakan akan selesai pada bulan November 2022.

Semenjak munculnya pengumuman tersebut, mendadak publik memiliki perhatian khusus terhadap TV digital. Pasalnya diantara semaraknya akses hiburan online, ternyata televisi masih memiliki porsi yang cukup besar. Bahkan cukup penting di dunia hiburan tanah air. Masih banyak orang yang bergantung kepada TV sebagai salah satu hiburan dirumah.

Sampai saat in tidak banyak orang yang tahu ada TV digital, dan juga ternyata tidak semua TV layar datar adalah TV digital. Untuk lebih mengenal TV digital dan menghindari kesalahan saat membeli televisi, berikut adalah ulasan mengenai pengertian tv digital, ciri-ciri dan juga kelebihannya jika dibandingkan dengan TV analog.

Pengertian TV Digital

Pengertian TV Digital

TV digital adalah televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menayangkan siaran menuju ke layar televisi. Siaran TV digital ini menggunakan teknologi yang lebih canggih daripada siaran tv analog. Sehingga kualitas gambar dan suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan juga bagus.

Dalam sistem penyiaran TV digital, gambar TV tidak akan bisa muncul ketika kualitas sinyal yang diterima tidak bagus. Itulah mengapa jika menggunakan TV digital Anda tidak perlu lagi melihat siaran buram, berbayang, patah-patah bahkan berbintik seperti semut.

Ciri-ciri TV Digital

Kebanyakan orang membedakan TV digital dan TV analog berdasarkan bentuknya. Jika berbentuk TV tabung adalah TV analog dan TV layar datar adalah TV digital. Namun yang perlu Anda ketahui, ada pula TV analog yang memiliki layar datar. Untuk lebih jelasnya, Inilah ciri-ciri TV digital:

  1. Tidak berbentuk TV tabung. Semua TV digital berbentu ramping, tipis dan relatif ringan.
  2. Menggunakan teknologi layar LCD (Liquid-Crystal Display) atau LED (Light-Emiiting Diode)
  3. Menggunakan sistem Pencarian Siaran Digital (DTV). Jika Nada menggunakan TV analog dengan layar LED dan LCD, Anda bisa mengubahnya menjadi TV digital dengan bantuan set top box (STB) DVB-T2.
  4. Memiliki fitu digital video broadcasting terrestrial second generation (DVB-T2). Teknologi ini adalah penangkap sinyal digital, dan juga yang membuat Anda dapat menyaksikan siaran tanpa memerlukan antena eksternal.
  5. Kualitas Gambar TV digital memiliki resolusi high definition (HD) sampai dengan 4k. Selain itu untuk suara biasanya teknologi surround sound termasuk Dolby Audio.

Kelebihan TV Digital

Kelebihan TV Digital

Setelah membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri TV digital, selanjutnya adalah mengulas kelebihan TV digital sebagai berikut:

  1. Kualitas siaran TV digital, cenderung lebih stabil dan tahan terhadap gangguan, baik gangguan cuaca, gangguan kebisingan ataupun gangguan fisik yang lain.
  2. Penangkapan Sinyal TV digital tidak bergantung kepada jarak dari stasiun pemancar. Pada TV analog semakin jauh dengan stasiun pemancar, sinyal akan semakin sulit ditangkap.
  3. TV digital akan menjadikan siaran dengan resolusi HDTV secara lebih baik dan juga lebih efisien.
  4. TV digital memiliki kemampuan penyiaran multichannel dan juga multiprogram. Hal ini dikarenakan pada teknologi siaran TV digital kanal frekuensi yang digunakan lebih efisien.
  5. TV digital juga memiliki kemampuan transmisi yang sangat bagus. Pada siaran TV digital transmisi audio, video, serta data dilakukan sekaligus.

TV Digital dari AQUA Japan

TV Digital dari AQUA Japan

Saat ini sudah ada banyak produk TV digital dari berbagai brand, salah satunya adalah produk TV Digital dari AQUA Japan, yakni seri LE32AQT6200T yang merupakan TV AQUA new model digital TV 32.

Adapun produk TV digital dari AQUA Japan sudah dibekali dengan penangkap sinyal digital sehingga mampu menawarkan kenyamanan bagi Anda. Di samping itu, tv digital juga membawa beragam kelebihan, mulai dari seperti kualitas gambar HD (1080x720p), HDMI port, hingga USB Movie.

Bahkan tv digital dari AQUA Japan ini juga disertai dengan adanya fitur untuk merekam siaran televisi dengan Video Recording.

Baca juga: