Inilah 6 Tips Memilih Tepung Terigu yang Baik untuk Anda yang Gemar Baking

Tips Memilih Tepung Terigu yang Baik untuk Anda yang Gemar Baking

Tepung Terigu merupakan bahan dasar dari bayak jenis makanan di Indonesia. Sebagaian besar kudapan bahkan bahan karbohidrat pengganti nasi seperti roti dan mie juga dibuat dari tepung terigu. Adapun tepung terigu yang beredar di pasaran pada umumnya adalah tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang atau disebut juga dengan tepung terigu serbaguna, hingga tepung protein rendah.

Penggolongan terigu tersebut dibedakan berdasarkan kadar gluten yang terkandung di dalamnya. Tepung terigu dengan kadar gluten semakin tinggi akan semakin lentur dan kenyal. Jadi dalam penggunaannya pemilihan tepung terigu tergantung pada adonan yang akan dibuat.

Fungsi Tepung Terigu Berdasarkan Jenisnya

Masing-masing tepung terigu memiliki kegunaan yang berbeda. Berikut adalah fungsi tepung terigu berdasarkan jenisnya:

1. Tepung Terigu Protein Rendah

Kadar protein dalam tepung terigu protein rendah adalah sekitar 6,5% hingga 8,5%. Tepung terigu ini bertekstur lebih ringan, lebih tahan lama dan tidak mudah berjamur. Dengan kadar protein yang rendah maka tepung ini cocok untuk membuat adonan yag garing dan crispy. Tepung ini biasanya digunakan untuk pembuatan cookies, kue kering dan juga gorengan.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung Terigu protein sedang disebut juga dengan tepung terigu serbaguna. Tepung ini  memiliki kandungan protein sekitar 10,5% hingga 12%. Sesuai dengan namanyan tepung terigu protein sedang sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Namun biasanya akan lebih cocok digunakan sebagai cake, pancake dan juga roti Prancis.

3. Tepung Terigu Protein Tinggi

Jenis yang ketiga adalah tepung terigu protein tinggi, dengan kadar protein sebesar 12% hingga 14%. Kadar gluten yang tinggi dalam tepung terigu memungkinkan adonan untuk mengembang sempurna dan juga sangat kenyal. Itulah sebabnya tepung terigu ini banyak digunakan seebagai bahan pembuat roti dan juga mie.

Tips Memilih Tepung Terigu yang Baik

Untuk mendapatkan hasil baking yang memuaskan dan sesuai dengan teksturnya, pemilihan tepung terigu adalah salah satu kunci utama. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih tepung terigu yang baik:

1. Pilih Tepung Sesuai Fungsinya

Tips pertama yang harus Anda ikuti adalah memilih tepung terigu adalah memilih terigu sesuai dengan jenis kue yang akan Anda buat. Jika ingin membuat cookies dan kue kering sebaiknya Anda menggunakan tepung terigu protein rendah dan jika ingi membuat roti manis sebaiknya pilihlah tepung terigu protein tinggi.

2. Hindari Memilih Tepung Curah

Tepung curah memang lebih murah, namun biasanya karena sudah dipacking ulang terkadang membuat tepung menjadi lembab karena terpapar udara bebas. Belum lagi jika terjadi kebocoran wadah, bisa menyebabkan tepung menjadi rusak.

3. Hindari Tepung Yang Bau Apek

Tepung yang sudah lama disimpan atau tidak disimpan dengan baik biasanya akan mengeluarkan bau apek. Jika Anda menemukan tepung seperti ini sebaiknya tidak Anda gunakan untuk baking, karena biasanya juga sudah tidak bisa mengembang dengan baik.

4. Hindari Tepung Berkutu

Tepung terigu yang disimpan dalam waktu lama biasanya akan berkutu secara alami. Jika Anda menemukan kutu pada tepung namun aroma dan warna tepung belum berubah, Anda masih bisa menggunakannya dengan mengayak tepung. Namun jika Anda menemukan kutu, warna tepung sudah berubah dan sudah berbau apek sebaiknya tidak digunakan.

5. Perhatikan Warna Dan Tekstur Tepung

Tepung terigu alaminya berwarna kekuningan dan teksturnya sangat lembut dan halus, juga tidak menggumpal. Untuk mengecek kelayakan Anda bisa mengambil sedikit dan merasakannya dengan telapak tangan. Jika tepung sudah memadat atau menggumpal sebaiknya jangan digunakan lagi karena sudah tidka bagus.

6. Memilih Tepung Yang Tersertifikasi

Untuk keamanan dan kualitas yang baik sebaiknya pilihlah tepung yang sudah tersertifikasi oleh BPOM. Dengan demikian bisa dipercaya bahwa proses pengolahan tepung benar-benar sudah sesuai dengan standar kesehatan dan keamanan pangan.

Demikianlah sedikit uraian mengenai bagaimana tips memilih tepung tergigu yang bagus, khususnya bagi Anda yang sangat menyukai aktivitas baking atau berkreasi membuat camilan dan kue. Memang benar sekali, bagi Anda yang ingin baking, pemilihan tepung terigu sangat menentukan keberhasilan kue kering yang Anda buat.

Saat ini sangat banyak merk tepung terigu yang beredar di pasaran. Jika Anda bingung dalam memilih, Anda bisa melihat beberapa merk terigu yang direkomendasikan, sekaligus mengecek harga tiap merknya di ceklist.id.

Baca juga: