Pentingnya Insight Pelanggan bagi Bisnis Kuliner di Indonesia

Pentingnya Insight Pelanggan bagi Bisnis Kuliner di Indonesia

Mengenali pelanggan dengan baik adalah suatu kewajiban bagi sebuah bisnis. Pelanggan merupakan entitas yang penting bagi sebuah bisnis. Terlebih di dunia kuliner, pelanggan adalah raja. Pelanggan yang menentukan masa depan dari bisnis. Berbisnis di bidang kuliner sangat tricky, karena tren yang ada di masyarakat bergerak begitu cepat. Pebisnis dituntut untuk selalu adaptif dengan situasi saat itu.

Sebagai seorang yang berbisnis di bidang kuliner, Anda harus terus berinovasi untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan tren yang ada agar dapat diterima di masyarakat. Anda perlu membuat strategi bisnis dan pemasaran yang juga sesuai dengan kondisi di pasar agar strategi tersebut berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk merumuskan strategi pemasaran dan strategi bisnis yang cocok dengan berbagai kondisi, Anda harus mengetahui suara, masukan, dan insight dari konsumen.

Berikut tiga alasan mengapa Insight sangat penting bagi bisnis kuliner:

1. Mengetahui Karakteristik Pelanggan

Mengetahui insight pelanggan bermanfaat bagi semua aspek bisnis, seperti marketing, operational, dan production. Pada aspek marketing, insight pelanggan bermanfaat pada proses perumusan strategi pemasaran. Pemilihan platform pemasaran juga dipengaruhi oleh behavior dan aktivitas pelanggan. Selanjutnya pada aspek operasional, diperlukan buyer persona untuk merumuskan proses operasional perusahaan. Dan pada aspek produksi, insight pelanggan sangat berperan penting dalam menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

2. Melakukan Evaluasi Bisnis

Evaluasi biasanya dilakukan di akhir periode. Pada bisnis kuliner evaluasi dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang kurang dan menjadi landasan bagi pebisnis untuk meningkatkan kualitas bisnis dalam berbagai aspek. Dengan mengetahui insight dari pelanggan, pebisnis akan lebih mudah untuk merancang strategi baru agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Insight pelanggan sangat bermanfaat untuk mengembangkan produk-produk baru yang akhirnya bertujuan untuk menghadirkan inovasi dari suatu bisnis. Dengan terus berinovasi bisnis kuliner memiliki harapan untuk tetap bertahan di segala masa.

3. Menghadirkan Pengalaman Terbaik

Pebisnis yang memiliki data terkait insight pelanggan akan lebih mudah menghadirkan produk dan layanan yang diinginkan oleh segmen pasarnya. Karena mereka telah mengetahui dengan jelas karakteristik, kebutuhan, dan keinginan konsumennya. Hal tersebut memacu pebisnis untuk menghadirkan layanan dan pengalaman terbaik bagi konsumennya. Kenyamanan dan pengalaman yang dirasakan konsumen akan berdampak positif bagi pebisnis, hal ini dapat meningkatkan interaksi positif bagi bisnis dan konsumennya.

Terdapat berbagai cara bagi pebisnis untuk mendapatkan insight dari pelanggan. Cara klasik untuk mendapatkan insight pelanggan adalah dengan melakukan survei dan observasi langsung ke lapangan. Namun terdapat cara lain untuk mendapatkan insight terbaik dari pelanggan yang lebih efektif dan efisien, yaitu dengan MSIGHT. Mobile Consumer Insight (MSIGHT) merupakan produk unggulan Telkomsel untuk menjawab permasalahan pasar akan sulitnya mendapatkan insight pelanggan. MSIGHT menyediakan informasi lengkap terkait perilaku pelanggan, demografi dari pelanggan, hingga pola mobilisasi pelanggan. MSIGHT menggunakan teknologi big data yang terintegrasi dengan internet of things untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan entitas yang ditentukan. Dengan MSIGHT Anda berpeluang untuk meningkatkan revenue bisnis. Gunakan MSIGHT untuk mendapatkan insight terbaik.

Baca juga: