Ini Fungsi Egg Tray dan Jenis-jenisnya

Ini Fungsi Egg Tray dan Jenis jenisnya

Egg tray adalah keranjang penyimpanan telur yang dapat memberi perlindungan terbaik pada telur. Wadah ini berbentuk persegi atau persegi panjang dengan banyak cekungan untuk meletakan telur.

Anda mungkin lebih familiar dengan egg tray berwarna coklat yang terbuat dari kertas. Selain itu, sebenarnya ada beberapa jenis egg tray yang kerap digunakan. Lebih lanjut, berikut penjelasan tentang fungsi dan jenis egg tray.

Apa yang Dimaksud dengan Egg Tray?

Egg tray merupakan wadah yang digunakan untuk meletakan telur supaya telur tidak mudah pecah dan tetap aman ketika dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Fungsi egg tray adalah sebagai tempat penyimpanan telur yang memudahkan peternak maupun pengusaha telur dalam menata dan membawa telur.

Kebanyakan egg tray yang digunakan oleh produsen atau perusahaan telur yaitu berbentuk persegi. Memiliki cekungan bersekat yang ukurannya dirancang sesuai dengan ukuran telur pada umumnya, sehingga semua besaran telur dapat ditampung.

Sementara egg tray berbentuk persegi panjang biasanya memiliki kunci penutup. Egg tray ini kerap digunakan untuk wadah telur yang dijual di supermarket.

Isi tray telur pun beragam, dapat menampung mulai dari 10, 12, 18, 24, hingga 30 butir telur. Untuk kebutuhan perusahaan atau distribusi dalam jumlah besar, Anda bisa custom egg tray dengan request ukuran sendiri  pada produsen egg tray, salah satunya PT Vacpack indonesia.

Saat ini, egg tray menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki sebagai peralatan untuk menunjang kegiatan bisnis. Egg tray memberi banyak manfaat besar pada peternak, pengusaha telur, toko-toko kelontong, hingga supermarket besar dalam menjaga stok telur tetap aman.

Apa Fungsi Egg Tray?

Pengemasan telur menggunakan egg tray supaya telur tetap berada di tempatnya ketika dibawa oleh transportasi, sehingga dapat meminimalisir kerusakan telur. Berikut fungsi egg tray selengkapnya.

1. Melindungi Telur dari Benturan

Ini adalah fungsi utama dari egg tray, yaitu untuk melindungi telur dari kerusakan fisik yang disebabkan oleh benturan antar telur atau benda lain ketika dalam perjalanan.

Dengan meletakan telur dalam tempat khusus yang berongga seperti egg tray, akan membantu mencegah telur saling berbenturan. Dengan begitu, telur akan terjaga aman dan tidak pecah.

2. Memudahkan Pemisahan dan Penyimpanan

Menggunakan egg tray sangat membantu dalam penataan dan penyimpanan telur menjadi lebih rapi. Dengan menempatkan telur di setiap cekungan, egg tray membantu menjaga telur tetap terorganisir dan mudah diubah.

Begitu juga saat akan memisahkan atau menyeleksi telur menjadi beberapa kategori. Anda dapat langsung melihat dan mengambil telur tanpa harus terlalu banyak pergerakan.

3. Keamanan saat Dibawa Transportasi

Tray telur berperan penting dalam menjaga keutuhan telur saat telur diangkut dari peternakan ke agen, juga dari agen ke konsumen. Rongga-rongga bersekat membantu mencegah telur berbenturan dan meminimalisir kerusakan selama perjalanan.

4. Pengemasan yang Menarik

Nyatanya, bagaimana wadah penyimpanan produk dapat menarik perhatian konsumen. Di toko atau pasar, telur yang diletakan dalam egg tray akan memberi tampilan yang lebih bagus dan bersih. Selain itu, penataan yang teratur juga akan mempermudah konsumen dalam memilih telur tanpa berantakan.

5. Identifikasi Jenis dan Ukuran Telur Lebih Mudah

Tidak jarang, telur yang dihasilkan memiliki ukuran berbeda. Sehingga perlu dipisahkan sesuai ukuran dan jenisnya untuk mempermudah pengemasan dan penimbangan sebelum siap kirim ke toko atau supermarket.

Jenis-jenis Egg Tray

Berikut 4 jenis egg tray berdasarkan bahan materialnya.

1. Egg Tray Kertas

Jenis tray telur ini terbuat dari kertas daur ulang, sehingga murah, mudah terurai, dan terdegradasi. Bentuknya pun ringan dan fleksibel. Sayangnya, tray telur ini rentan terhadap air atau kelembaban.

2. Egg Tray Karton

Sama seperti tray telur kertas, bedanya tray telur karton memiliki ketebalan yang lebih baik. Jenis tray telur ini paling sering ditemukan di toko sembako, agen telur, dan supermarket.

Tray telur karton dapat memberi perlindungan suhu yang stabil untuk menjaga kualitas telur. Selain itu, wadah telur ini pun bisa didaur ulang untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

3. Egg Tray Plastik

Jenis tray telur ini juga banyak dijumpai di supermarket sebagai packaging yang bisa dibawa pulang. Jenis tray telur ini lebih tahan lama, tidak mudah penyok, dan bisa digunakan berulang-ulang.

4. Egg Tray Kayu

Sementara itu, tray telur kayu biasanya digunakan untuk penyimpanan telur di rumah, sekaligus sebagai dekorasi agar dapur lebih estetik dan klasik.

Baca juga: