adplus-dvertising

Ketahui Urutan Kerangka Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar

Ketahui Urutan Kerangka Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar

Sebelum mengadakan suatu kegiatan, tentu Anda akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan merencanakannya dengan hati-hati. Hal itu diperlukan agar semuanya dapat berjalan dengan lancar sekaligus menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu persiapannya adalah membuat proposal kegiatan. Adapun proposal kegiatan ini sendiri umumnya dibuat untuk mengurus perizinan, mencari sponsor hingga pendanaan.

Nantinya, proposal kegiatan ini juga akan diberikan kepada berbagai pihak yang dapat membantu dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut. Maka dari itu, sebuah proposal kegiatan harus dibuat dengan baik dan benar agar mudah dipahami bagi pembacanya.

Kerangka Proposal Kegiatan

Kerangka Proposal Kegiatan

Agar dapat membuat proposal kegiatan dengan baik dan benar, maka Anda harus mengetahui urutan dan isi kerangkanya. Berikut ini adalah contoh urutan proposal kegiatan yang benar dan lengkap.

1. Nama Kegiatan

Urutan pertama dari kerangka proposal kegiatan adalah nama kegiatan. Perlu diketahui, nama kegiatan meruakan salah satu unsur yang sangat penting dalam sebuah proposal kegiatan.

Pada bagian nama kegiatan ini, Anda perlu menjelaskan secara singkat mengenai jenis kegiatan yang bakal dilaksanakan. Nama kegiatan ini sebaiknya dibuat singkat, namun mewakili keseluruhan acaranya.

2. Pendahuluan

Selanjutnya adalah pendahuluan. Anda harus menuliskan apa saja yang melatar belakangi kegiatan tersebut, dan apa tujuannya. Pada bagian ini Anda juga bisa menguraikan mengapa kegiatan tersebut perlu dilakukan sehingga para pembacanya tidak hanya paham, namun juga bisa membuat tertarik.

3. Isi Proposal

Urutan kerangka proposal kegiatan yang ketiga adalah isi proposal. Pada bagian ini, Anda menjelaskan segala sesuatunya secara lebih terperinci. Dengan kata lain, bagian isi ini akan menjabarkan kegiatan dengan gambaran yang lebih jelas.

Sehingga orang yang membacanya dapat mengetahui dengan jelas, kapan dan dimana kegiatan tersebut nantinya dilaksanakan, berapa jumlah peserta, hingga siapa saja yang akan hadir mengikuti kegiatan tersebut nantinya.

Bagian isi memiliki peran yang sangat penting, karena akan meningkatkan tingkat kepercayaan semua pihak, khususnya yang berhubungan dengan urusan perizinan hingga sponsor.

4. Susunan Acara

Sebuah kegiatan pasi ada susunan acaranya. Nah, inilah yang akan menjadi urutan selanjutnya dalam kerangka proposal kegiatan yang benar. Pada bagian ini, Anda perlu menuliskan secara jelas dan rinci setiap segmen dalam rangkain acara di kegiatan tersebut.

Pada setiap segmen, Anda juga harus menjelaskan urutan waktunya dan durasinya, dan siapa yang menjadi penanggung jawab segmen tersebut. Dengan adanya susunan acara ini, kegiatan yang akan Anda lakukan terlihat lebih matang dan terencana dengan baik.

5. Susunan Kepanitiaan

Bagian kelima yang juga sangat penting dalam kerangka proposal kegiatan adalah susunan kepanitiaan. Pada bagian ini akan dijelaskan siapa saja yang terlibat langsung dalam kepanitian kegiatan tersebut, apa saja divisi yang ada di dalamnya dan nama-nama sebagai penanggung jawabnya.

6. Perencanaan Anggaran Dana

Ketika membuat proposal kegiatan, maka bagian perencanaan anggaran dana merupakan sesuatu yang harus ada. Perencanaan anggaran dana ini harus dibaut dengan jelas dan rinci. Selain agar mudah dipahami, juga akan sangat menarik para calon sponsor dalam memberikan bantuan.

7. Penutup

Bagian terakhir dari kerangka proposal kegiatan adalah penutup. Pada bagian ini bisa Anda manfaatkan untuk mendorong pihak lain agar memudahkan dalam perizinan ataupun memberikan sponsor untuk kegiatan tersebut. Untuk itu bagian penutup ini harus disusun dengan baik sehingga mampu memberikan efek yang kuat kepada para pembacanya guna memberikan izin dan sponsor.

Demikianlah uraian singkat mengenai urutan kerangka proposal kegiatan. Jika Anda masih merasa bingung, maka Anda juga bisa melihat beragam contoh proposal kegiatan yang bisa ditemukan di blog Mamikos.

Selain itu, Anda juga bisa menyimak berbagai informasi menarik lainnya di https://mamikos.com/info/.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743

Baca juga: